Peran Suami di 2 Minggu Pertama Pasca Lahiran

Baru 2 minggu, tapi serasa sudah berbulan-bulan. In fact, ga gampang jadi orang tua dari anak manusia. Selain ga salah lagi perlu banget kesiapan mental, ternyata kesiapan fisik juga ga kalah penting. Ini lebih melelahkan dari pada shift malam di rumah sakit :”). Tapi tentu juga sangat menyenangkan. Senyum polosnya itu lohh, nembus segala-gala. Dan sakitnya dia, bahkan sekedar suara seraknya karna kebanyakkan nangis membuat kita sebagai orang tua rela tembus diri menggantikannya.

Di momen kayak gini peran suami tuh masyaallah standing out banget. Pantes kita tuh wajib banget cari suami yang ga cuma bisa gombal rayu, kaya raya, dan fisik OK. Melainkan juga bersedia menjadi guru, orang tua, dokter, kakak, sahabat, pacar, dan pastinya teman kerja. Yang buat hidup kita sebagai wanita merasa aman dan percaya diri menjalani hidup menuju surgaNya kelak insyaallah.

Agak ironi memang…

aku dan suami LDR selama lebih dari 6 bulan selama kehamilan, yang berarti dia ga menemani aku secara langsung saat hamil besar dengan segala dramanya. Waktu dia ambil cuti di akhir kehamilan, dia nemuin aku di rumah orang tua. Untungnya ga banyak yang berubah dari istrinya yang lagi hamil tua saat itu. Lama ga bertemu kan ga lucu dia pangling sama istrinya yang lagi hamil besar dengan segala kebengkakkannya. Gak, yang berubah dari fisikku hanya perutku. Sebenarnya saat itu suasana hati aku lagi jelek banget. Alasannya hmmm dibuat-buat aja, ada-ada aja, mungkin bawaan hamil tm3 yang buat aku selalu baper. Beberapa jam bareng dia lagi, yahh aku ga bisa bete lama2. Gimana yahh.. Kangen kali ya?? Ya masa’ iya udah lama ga ketemu, pas ketemu malah di bete-in. Ga jelas lagi alasannya.

Sebelum melahirkan kami sempat ngabisin waktu pacaran berdua selama dua hari. Saat itu, “Oh gini toh rasanya jalan pagi ditemenin suami. hehe”. Kita juga sudah lama ga makan di luar dan jalan-jalan berdua.

Hari H yang sudah dinanti-nanti selama hampir 40 minggu itu pun tiba. Kata mama aku tipe orang yang tenang menghadapi situasi semacam ini, tapi sebenarnya tidak ketika menghadapi rasa nyeri. Pak suami yang bawaan nya tenang, benar-benar support dan kasih afirmasi positif selama proses melahirkan. Ga cuma omong kosong suami yang ga mau diribetin istrinya yang lagi super paranoid. Dia juga masih berperan sebagai dokter sejak awal pembukaan sampe perawatan luka laserasi jalan lahir dan episiotomi. Suami juga lebih gentle ngadepin bayi dari pada aku dan sabar banget ngadepin kami berdua.

Kami sama-sama baru menjadi orang tua, tapi aku jadi lebih percaya diri berkat dia. Peran orang tua dan mertua juga bantu banyak. I feel so blessed.

Dan sekarang “baper time” lagi karna suami sudah mau balik lagi ke Bangka. LDR lagi. Ada rasa takut mengandaikan situasi-situasi yang belum terjadi. Aku hanya berharap kami semua dijaga keimanan dan kesehatannya oleh Allah swt. Semoga lelah jadi Lillahi ta’ala.

Udah LDR lama dan bakalan LDR lagi, tapi dalam kurun waktu 2 minggu ini ku banyak-banyak terharu dan berterima kasih. Love youu pak suami.

Bi, aku ga niat muji-muji kamu loh. Ga usah ke geeran ya. Aku nulisnya biasa aja.



Palembang, 20/9/20 23.20 WIB

(Habis gantiin pampersnya Hawwa dan nyusuin Hawwa, setelah itu baru ngolesin vaselin ke bibir keringnya Abinya Hawwa yang sedari tadi udah tidur duluan)

Leave a comment