The Great Queen of Sendeok

Standard

QSD

The Great Queen of Sendeok  (QSD) adalah serial Korea romance history yang di tayangkan pada tahun 2009 di Korea, yang kemudian di tayangkan di Indonesia pada tahun 2009 dan 2011 di Indosiar. Awalnya drama ini memiliki 50 episode, tapi kemudian ditambah menjadi 62 episode karena banyaknya minat dari penonton, yang menyebabkan drama ini menjadi favorit drama Asia tahun 2009, serta aktor dan aktris nya terpilih menjadi the top excellent actress and actor di Korea tahun 2009.

QSD berbeda dari serial Korea kontemporer dengan formula yang bisa ditebak; konflik si kaya dan si miskin atau hadirnya penyakit mematikan. QSD juga bukan tipe drama yang menjual aktor brondong ganteng, soundtrack lagu yang earcatching, atau cerita mewek-mewek. QSD yang diangkat dari kisah nyata kehidupan Ratu Seon Deok memiliki alur cerita yang matang, konflik kuat, akting memikat, serta penggarapan serius. Skenario ditangani dua penulis handal, Kim Young Hyun dan Park Sang Yeon. Selain pernah berkolaborasi dengan Park Sang Yeon menggarap H.I.T, Kim Young Hyun berpengalaman menggarap dua serial sukses, Jewel in The Palace (Dae Jang Geum) dan Jumong.

Kim Young Hyun dan Park Sang Yeon berhasil membawakan sebuah sejarah menjadi sebuah suguhan drama yang “luar biasa”, tidak membosankan, menghidupkan konflik-konflik menjadi teka-teki yang ‘mengajak’ penonton, dan yang paling menjual adalah perjuangan kisah cinta mereka yang membedakan dengan kisah-kisah cinta kontemporer yang sudah sangat biasa kita tonton. Walaupun drama ini sudah ditayangkan dua kali di Indonesia, tetapi penonton setia QSD masih saja membuat sebuah petisi (permohonan) kepada indosiar untuk menayangkan ulang drama asia QSD di www.petitionspot.com/petitions/QueenSeondeok. Hal ini menarik, setelah kemarin saya blog walking dan web walking tentang QSD ini, ternyata penontonnya tidak hanya berasal dari Asia, bahkan ada juga masyarakat Eropa yang ikut berpartisipasi dalam permohonan itu. Buat kamu yang juga penggemar QSD, ayo ikut dalam petisi tersebut di web di atas.

Sinopsis:

Kisah tentang seorang ratu yang cantik, yang harus mengorbankan cintanya untuk menyelamatkan rakyat. Dengan adegan-adegan pertempuran historis dan bertabur bintang-cast, Ratu Seondeok Silla adalah tindak lanjut drama sejarah ke MBC’s “Lee San: Angin dari Istana” dan “Prince of Legend” untuk 2009.

Sebuah film biografi Ratu Seondeok, yang lahir sebagai putri dan kemudian menjadi penguasa Silla, meninggalkan banyak prestasi cemerlang.

Deokman (Ratu Seondeok nama masa kanak-kanak) lahir kembar tetapi dijauhkan dari istana. Dia kemudian dibawa kembali ke istana Silla, di mana ia bergabung dengan saudara kembarnya Putri Cheonmyong untuk menentang Mi-Shil, yang ingin merebut kekuasaan. Mi-Shil menyusun rencana jahat untuk mengasingkan dua putri Silla dari kerajaan, dan dalam pertempuran rahasia, Putri Chonmyong dibunuh oleh Mi-Shil. Tapi Putri cerdik Deokman meminta bantuan Jenderal Kim Yusin dan dihilangkan-nya Mi-Shil musuh utama. Dia menjadi wanita pertama penguasa kerajaan Silla.

Tidak disangka-sangka, salah satu orang kepercayaan Ratu Sendeok, Bidam, adalah anak dari Mi-Shil yang juga menginginkan tahta raja. Seiring perjalanan mereka, Ratu Sendeok dan Bidam saling mencintai, tetapi karena kecemburuan Bidam terhadap Kim Yu Sin yang lebih dipercayai oleh Ratu Sendeok, akhirnya Bidam melanjutkan misi ibunya untuk mengambil tahta raja. Pada akhirnya demi kepentingan rakyat, Ratu Sendeok meminta Kim Yusin membunuh langsung Bidam di depan matanya, karena dianggap sebagai musuh negara.

Bagi yang ingin baca ringkasan QSD dari episode 1-62 bisa baca di sini.

Siapa yang tidak berurai air mata setelah menonton ending dari drama QSD ini? Sebuah drama yang ditutup dengan sebuah kemenangan dari perjalanan juangnya yang panjang sebagai raja wanita (ratu) pertama di Korea untuk menyatukan tiga kerajaan di bawah kekuasan Shilla, namun gagal mendapatkan cinta yang diharapkannya. Kesepian, kehilangan, hilangnya rasa percaya dan ketergantungan pada siapapun, serta selalu berlagak teguh harus dirasakannya demi mencapai tujuan utamanya itu. Kemudian setelah semuanya tercapai, Sang Ratu meninggal dunia bersama cintanya yang juga mati bersamanya.

Menyebalkan bukan, lantaran menonton ending yang sedih kita juga ikutan sedih, haru biru deh?! Untuk mengobati rasa sedih kita, maka sebaiknya kamu juga melihat keceriaan-keceriaan tokoh-tokoh dan tim kru di lokasi shooting di http://wavega.wordpress.com/2010/01/19/behind-the-scene-queen-seon-deok/ dan http://wavega.wordpress.com/2010/01/22/behind-the-scene-bagian-ke-2/ Pokoknya mereka gokil abis. Kayaknya asik gitu melihat kesibukan mereka ketika lagi break shooting. Ada yang tidur, dengerin i-pot (itu kan lucu, mereka pakai baju perang tahun 600-an masehi, tapi pegangannya i-pot), saling photo-photo-an, eh ada juga yang lagi mojok. Huhahaha😀 Lihat juga komentar-komentar penonton setia akan kedekatan Uhm Tae Won-Lee Yu Woon-Kim Nam Gil di sini  Begitu banyaknya yang mencoba menjodohkan Uhm Tae Won dengan Lee Yu Won atau Kim Nam Gil dengan Lee Yu Won. Tanpa mempedulikan, bahwa Lee Yu Won saja sudah punya suami dan satu anak

Ternyata banyaknya penggemar QSD tidak hanya dikarenakan alur ceritanya yang “luar biasa” dan acting pemainnya yang bukan main, ‘super’ deh! (four thumbs up buat mereka), tapi juga karena pemainnya yang cantik-cantik dan ganteng-ganteng buangeeeeet. Emang sih bukan brondong-brondongan, tapi siapa yang berani bilang mereka itu jelek? Mereka adalah pemain-pemain terbaik di Korea. Ini sekilas tentang pemeran utama QSD:

Lee Yo Won 이요원 (Queen Seon Deok)

  • TTL : Seoul, 9 april 1980
  • Tinggi : 170cm
  • Berat : 48kg

PENGHARGAAN YANG DIRAIH

  • 2009 MBC Drama Awards

Best Couple Award (with Kim Nam Gil in Queen Seon Duk)

  • 2009 MBC Drama Awards   :

Female Top Excellence Award (Queen Seon Duk)

  • 2007 SBS Acting Awards

Top Excellence Award for Surgeon Bong Dal Hee

  • 2007 SBS Acting Awards      :

Popularity Award for Surgeon Bong Dal Hee

  • 2001 KBS Acting Awards

Most Popular Actress

  • 2001 Blue Dragon Awards

Best New Actress Award

 

Go Hyeon Jeong 고현정 (Lady Mishil)

  • TTL : 1971-Mar-02
  • Tinggi : 172cm
  • Berat : 54kg

PENGHARGAAN YANG PERNAH DIRAIH

  • 2009 MBC Drama Awards

Daesang Award (Queen Seon Duk)

  • 1995 31st Baeksang Awards

Best Actress Nominee for Sandglass

  • 1994 30th Baeksang Awards

Best Actress Nominee for My Mother’s Sea

  • 1992 28th Baeksang Awards

Best New Actress for Love On A Jujube Tree

  • 1989 Miss Korea

First Runner-Up

 

Kim Nam Gil 김남길/ Lee Han (Bidam)

  • TTL : 1981-Mar-13
  • Tinggi : 184cm
  • Berat : 70kg

PENGHARGAAN YANG DIRAIH

  • 2009 MBC Drama Awards

Best Couple Award (with Lee Yo Won in Queen Seon Duk)

  • 2009 MBC Drama Awards

Male Excellence Award (Queen Seon Duk)

 

Uhm Tae Woong 엄태웅 (Kim Yushin)

  • TTL : 1975-Apr-05
  • Tinggi : 181cm
  • Berat : 70kg

PENGHARGAAN

  • 2009 MBC Drama Awards

Male Top Excellence Award (Queen Seon Duk)

 

 

 

Jangan lama-lama mikir, ayo ikutan petisi agar QSD ditayangkan kembali di televisi

One response »

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s