Strategi Memilih Jurusan dan PTN dalam SNMPTN Jalur Undangan

Standard

Postingan kali ini terkhusus buat kamu yang sekarang duduk di bangku kelas 3 SMA. Pasti sudah dengar kan dengan sistem SNMPTN yang baru berlaku sejak tahun 2011 ini? Mungkin kakak-kakak kelas kamu juga sudah ada yang lulus lewat jalur ini, Jalur SNMPTN Undangan. Siapa yang tidak tertarik bisa lulus di Perguruan Tinggi Negeri tanpa jalur tes, disamping itu jalur ini juga sudah terbukti lebih mempermudah dan memiliki kesempatan lebih besar bagi siswa untuk masuk ke PTN ketimbang jalur PMDK, seperti tahun-tahun sebelumnya.

Karena kesempatan yang lebih besar itu lah, maka siswa berlomba-lomba mendaftarkan diri lewat jalur ini. Karena alasan itulah, saya bermaksud berbagi pengalaman strategi seperti apa yang harus digunakan ketika memilih jurusan di PTN yang dipilih nantinya. Untuk mengetahui lebih jelas, apa sih SNMPTN Undangan itu? Dan bagaimana cara mendapatkannya? Silahkan langsung baca di SNMPTN Jalur Undangan

Ketika nama kamu sudah dipastikan dapat mengikuti SNMPTN Jalur Undangan, maka tugas kamu sekarang adalah memilih jurusan-jurusan dari PTN yang akan kamu pilih, karena tugas menginput data dan segala macamnya akan dilakukan oleh pihak sekolah.

Mungkin dari awal kamu telah memiliki satu pilihan jurusan di suatu PTN sesuai cita-cita kamu, tapi sangat disayangkan jika kamu hanya memilih satu jurusan saja, karena kamu berhak memiliki enam jurusan di dua PTN yang berbeda. Tapi tentunya semua jurusan yang kamu pilih tidak boleh setengah hati, karena apabila kamu lulus di jurusan yang kamu pilih dengan setengah hati tersebut, kamu tetap harus mengambilnya dan membayarnya, karena kalau tidak imbasnya akan jatuh ke adik-adik kelas kamu nantinya. Sekolah kamu akan di black list untuk beberapa tahun, karena kamu dianggap menyepelehkan PTN tersebut. Jurusan yang dipilih tidak harus penuh, kamu boleh memilih kurang dari enam jurusan. Kamu juga boleh hanya memilih satu PTN, tapi kembali lagi hal itu sangat disayangkan. Tapi kalau kamu yakin dengan pilihan kamu, kenapa tidak?

Dalam menentukan nama PTN mana yang akan kamu tulis dalam urutan PTN 1 atau PTN 2 itu sangat penting. Biasanya PTN-PTN yang telah memiliki integritas tinggi tidak mau diletakkan di pilihan PTN 2, apabila kamu letakkan di pilihan PTN 2, maka pilihan itu secara tidak langsung dianggap hangus. Sangat disayangkan bukan? Sebagian besar PTN yang berada di Jawa tidak mau diletakkan di pilihan PTN 2. Hal ini memang tidak dinyatakan secara tertulis, tapi telah dibuktikan berdasarkan pengalaman angkatan saya, tahun 2011. Di sekolah saya saja yang lulus di pilihan PTN 2 hanya satu orang, dan memang karena siswa tersebut siswa berprestasi tingkat provinsi tahun 2009 dan siswa tersebut pernah mendapatkan beasiswa ke luar negeri. Nah kalau sudah begitu, PTN nya kan yang akan disayangkan jika tidak menerima siswa seperti itu? Lalu bagaimana dengan siswa seperti kita, dengan prestasi yang pas-pasan? Maka benar-benarlah meletakkan urutan PTN. Tapi apabila kamu memang lebih berminat meletakkan PTN di luar Jawa diurutan pertama dan PTN di Jawa diurutan kedua, dan kamu punya kepercayaan diri yang tinggi akan lulus di pilihan pertama tersebut, kenapa tidak? Sama hal nya dengan saya, saya meletakkan UNSRI di pilihan pertama dan UNPAD di pilihan kedua, karena saya memang lebih tertarik ke UNSRI. Pilihan saya ini pernah ditegur oleh guru Bimbingan Konseling (BK) yang memang bertugas mengurus input data SNMPTN Undangan di sekolah saya. Beliau berkata bahwa pilihan saya tersebut sama saja dengan membuang pilihan PTN 2, karena saya menaruh PTN di Jawa di urutan kedua. Kalau kamu orang yang berani mengambil risiko dan punya kepercayaan diri, maka itu bukan masalah, karena kamu juga harus ingat, walaupun tidak ada peraturan secara tertulisnya, PTN manapun juga akan mendahulukan siswa yang menaruh PTN nya diurutan pertama. Tapi kalau kamu benar-benar beruntung dan memang nilai kamu termasuk ke Super High Score, insya Allah pilihan kedua kamu juga akan dipertimbangkan.

Jadi maksud saya, walaupun kamu sudah mendengar bahwa PTN Jawa harus ditaruh di pilihan pertama, tapi jika minat kamu lebih ke PTN di luar Jawa, pilihlah sesuai minat dan kemampuan kamu. Jangan gengsi deh, mewajibkan diri harus lulus di PTN Jawa!

Terus juga jangan karena teman-teman kamu atau orang tua kamu mau kamu ambil Fakultas Kedokteran di PTN X misalnya, lalu kamu memaksakan diri harus keterima di FK di PTN X tersebut. Padahal kamu sudah tahu bahwa teman-teman kamu yang nilainya lebih besar dari kamu banyak yang mengincar FK di PTN yang sama. Itu namanya, berkas belum dikirim, tapi kamu sudah kalah bersaing duluan sama teman-teman satu sekolah. Tanpa bermaksud menghilangkan kepercayaan diri kamu, lebih baik kamu pertimbangkan lagi jurusan dan PTN pertama kamu, karena itulah yang paling besar peluangnya untuk dipertimbangkan oleh pihak panitia SNMPTN. Jangan berfikir untuk meremehkan SNMPTN Undangan dan berfikir jika tidak lulus ini maka masih banyak jalur lain! Memang benar, masih banyak jalur lain, tapi kalau dipikir-pikir kamu perlu usaha yang super ekstra untuk lulus di SNMPTN Jalur Tertulis, belum lagi biaya masuk Ujian Mandiri yang terkenal sangat mahal. Biayanya jauh berbeda dibandingkan jika kamu lulus SNMPTN, baik undangan maupun tertulis.

Sekarang bagaimana membidik jurusan dan PTN yang sesuai?! Selain melihat dari segi minat, kamu benar-benar harus memperhatikan kemampuan (dari segi nilai rapot dan prestasi yang diajukan) kamu dan harus benar-benar pintar melihat peluang yang akan kamu ambil. Kamu bisa melihat quota yang ditawarkan setiap jurusan di PTN (biasanya ada di website resmi SNMPTN). Setelah itu perhatikan seberapa banyak peminat dari jurusan tersebut, langkah awal kamu bisa lihat dari pilihan siswa di sekolah kamu atau biasanya siswa pada heboh kan di jejaring sosial. Nah, dari situ kamu bisa melihat seberapa besar peluang kamu.

Pintar-pintarlah menggunakan strategi dalam melakukan sesuatu, apalagi yang menyangkut masa depan seperti ini. Jangan pernah meremehkan setiap peluang. Satu lagi yang harus di ingat, semuanya harus disesuaikan dengan kemampuan kamu, setelah melakukan pengamatan tentang seberapa besar peluang kamu ketimbang teman-teman yang lain, maka kamu wajib percaya diri.

Setelah semua berkas selesai dikirim, maka lupakanlah kalau kamu pernah mengikuti jalur ini, paling-paling cukup sisipkan dalam do’a kamu. Di luar itu, anggap kamu tidak punya kesempatan lain selain SNMPTN Jalur Tertulis, fokuslah, kerja keras, dan pikirkanlah dampaknya kalau nantinya kamu tidak lulus di Jalur Tertulis. Karena kalau kamu bergantungan dan menanti-nantikan pengumuman undangan, kamu tidak sadar kalau penguman itu seminggu sebelum tes tertulis. Bagaimana kalau kamu nantinya drop karena tidak lulus undangan, belum lagi karena persiapan kamu yang belum matang? Maka semuanya akan berantakan.

Dan pesan saya, lebih baik kamu mendaftarkan diri ke SNMPTN Tertulis walaupun sudah dinyatakan lulus jalur undangan. Karena berdasarkan pengalaman teman seangkatan saya, karena terdapat kesalahan administrasi yang sebenarnya kesalahan ada pada data yang di input oleh pihak sekolah, siswa tersebut dinyatakan gagal. Padahal pendaftaran SNMPTN Tertulis sudah ditutup.  Sangat disayangkan, bukan?

Sekian tips dan trik (strategi) dalam mengikuti SNMPTN Jalur Undangan berdasarkan pengalaman pribadi saya. Semoga membantu. Good Luck!

 

perubahan untuk 2012:

- jatah tahun ini lebih dipersempit

- siswa hanya dapat memilih maksimal 2 jurusan setiap 2 universitas yang berbeda

(info lebih lanjut tentang teknis dapat langsung dibuka di situs resmi snmptn)

 

Jika ada pertanyaan, silahkan ditulis di comment box

About these ads

288 responses »

    • yaaa yg terpenting adalah NILAI RAPOT, kiat-kiat selebihnya sudah dijabari di atas berdasarkan sepengalaman saya. Oh ya, peluangnya akan lebih besar jika kamu berada di peringkat pertama di pilihan PTN dan jurusan pertama kamu paling tidak di tingkat sekolah kamu dulu deh. Semangat!!!

  1. WOW…. it’s great :)
    kk dari Palembang ya ?
    desca jg dari palembang :)

    kakak sekarang diterima di universitas mana ?
    (UNSRI atau UNPAD) ?

    menurut pengalaman kk kan, PTN yang di pulau jawa harus lebih di utamakan, nah… bagaimana kalo PTN yang kita pilih itu keduanya dari pulau jawa ?
    seperti desca yang memilih PTN UI atau UGM ?
    dari segi akreditasinya ?
    kedua PTN itu sama – sama tinggi…
    jadi bagaimana kak dari segi tata peletakannya ?

    mhn share nya kak…. terima kasih :)

    • Alhamdulillah di unsri, emang pengennya ke situ =)
      kalau masalah peletakan itu, IDEALnya pilihan pertama di letakin yg passing grade nya labih tinggi, Desca. jurusan apa emang?
      oh ya Desca dr SMA mn?

  2. wow sungguh inspiratif sekali ini artikelnya, thx untuk informasinya.. bermanfaat sekali :D, btw mau nanya nih, katanya kalau udah ikut jalur undangan terus ikut jalur tertulis katanya di blacklist sama sekolahnya ya? atau bagaimana? thx

    • ya nggak lah. gak fair banget. siapa yg bilang, huh? :v
      gak gak pokoknya, beruntunglah bagi kamu yg punya nilai “top” deh. kamu dapet peluang lebih, yah dengan undangan ini. gak lulus yaa pakek jalur lain =) yang d black list itu kalau kamu lulus undangan, tp kamu gak ambil itu, paling gak d panjar dulu, kalau gak sekolah kamu bakal d black list. kan kasian adik2 kelasnya.
      take easy and wish you luck

  3. kalo seumpamanya.. Qq dapet rank.3 dikelasku
    trus qw taruh pilhan pertama di fak.kedokteran UGM n keduanya di fak.teknik ITS gmna??
    (SMA ku bisa dikatakan favorit)

  4. infony sangat bermanfaat……
    maaf klo bleh tnnya….gmna ya saya mau masuk ke fk unsri….dan saya rasa itu adalah satu satunya pilihan saya, gimana sebaiknya strategi sya….sedangkan banyak teman teman saya yang jga berminat ke fk unsri…..klo prestasi saya masuk 3 besar di salah satu sekolah unggulan????

    • btw dr SMA mana?
      kalau “kiat-kiat” undangan sih kurang lebih udah d jabarin d post sama comment2 sebelumnya. yang mana toh yang kurang jelas?
      nah yang jelas mulai sekarang bener-bener fokus prepare buat SNMPTN tertulis. fk unsri –> peminatnya banyak banget, baik dari dalam maupun luar prov. sumsel. tapi OPTIMIS itu tetep jadi nomor 1! (*optimis = percaya diri setelah ikhtiar + doa yang semaksimal mungkin :))

  5. wah kebantu bgt neh ama infonya kak :]
    aku dri SMAN 1 Singaraja (Bali)
    aku mu tanya kalo kta udh dpet di snmptn undangan, trus ikut lagi di snmptn tulis bole?
    trus kalo snmptn undangan tuh menyertakan piagam prestasi dll, kak?
    trus biasanya PTN tu ngsih quota tiap daerah atau bebas? jadi kta bersaingnya sma yg sedaerah atau nasional?
    makasih ya kak :] sry bnyak nanya hehe

    • wowww… ada anak bali nih =)
      makasih kembali appreciate nya
      di jawab satu-satu yaa:
      pertama, kalau udah dapet undangan, boleh sih ikut snmptn tertulis. cuma agak ribet. krn waktu pendaftaran ulang undangan barengan sama waktu tes snmptn tertulis, bisa sebenarnya diakal-akalin. trusss, apa gak kesian sama yang lain, hhehe.. karna itu sm aja ngambil jatah orang lain. kalau waktu itu kakak sampe d ancem temen2, kalau sampe ikut tertulis padahal udah lulus d undangan bakalan d PANCUNG (*efek sinetron). well, makanya jurusan2 yg ditulis yg bener2 srek d hati deh. harus di ambil jg masalahnya, minimal di panjar
      kedua, kalau d jaman kakak (ciaelaaa… jaman kakak!!?) kita emang d pinta ngelampirin piagram prestasi maksimal 3 buah.
      then, ketiga, sebenarnya kita itu bersaing tingkat nasional. tapiiiiiiii, peluang kamu akan lebih besar kalau kamu milih univ d daerah kamu sendiri. apalagi kalau kamu sekarang sekolah di sekolah yg bs d katakan unggulan atau kamu punya prestasi yg cukup manteeeuuuuppp! tp diluar semua itu, ada juga faktor yg namanya faktor X (faktor lucky), jg patut d perhitungkan. hhehe..

      gimana jawabannya? adalagi? :)
      with pleasure

      • bhakakakaka XDD
        o gt y kak, jd kt lbh berpeluang d daerah sndiri, tpi aku pengennya dpet di jawa sihh (amieenn.. doainn y kak ^^)
        wah arigato gozaimasu y kak, helpful bgt nih :D

      • iy, itu namanya hukum alam lah. hhaha :B
        kalau yakin gpp kok dek ngambil yang di jawa, tapi siap segala kemungkinan ya.. bukan maksud matahin semangat. knp tidak buat d coba, anggaplah kan ini tes bonus buat kita. perperangan yg sesungguhnya ada di snmptn tertulis (#aku ngomong apa y? -_-“). banyak jg kok yg mikir kayak ini. eh alhasil mereka malah lulus yg d jawa jalur tertulis. hebat beud =)

  6. mau tanya kak, kalo misalnya saya taruh ITS pilihan pertama terus universitas brawijaya pilihan kedua, apa masih mungkin saya diteriman di pilihan kedua?

    • hhoho… namanya kemungkinan sih pasti masih ada. temen kakak yg kayak kakak ceritain sebelumnya lulus dipilihan kedua. kakak kn jg gak lihat nilai dias. mm… kakak di sini cm berbagi pengalaman loh, bukan berarti kakak bener2 paham sama kriteria kelulusannya, tapi klu pengalaman kakak ya begitu adanya… @.@

  7. makasih banyak kak infonya…
    trus mau tanya nih kalo masalah biayanya gmna kak? sama nggak antara yang masuk jalur undangan sama snmptn??

  8. kalau kita 2 pilihannya itu PTN di Jawa semua tapi kalau memang pilihan 1 itu lebih bagus dari ptn yang kedua, apakah pilihan kedua itu dianggap hangus oleh panitia snmptn juga kak? apa masih mungkin diterima di pilihan kedua ..

    • hhoho… gk ad yg bilang hangus kok.
      kalau tahun kemarin yg jelas2 ada pernyataan tidak boleh d taruh d pilihan k2 itu ipb dan ugm. tapi sebenernya secara gak langsung semua universitas akan memprioritaskan siswa yang milih universitasnya d pilihan pertama, jadi bukan sudah pasti tidak lulus, adikku sayang. tp begitulah ceritanya. wkwkwkwk =)

  9. “peluangnya akan lebih besar jika kamu berada di peringkat pertama di pilihan PTN dan jurusan pertama kamu paling tidak di tingkat sekolah kamu dulu deh.”

    Maaf kak mau lebih dijelasin tentang comment kakak yg diatas dr kalimat itu dong plis….

    Trus kak kata “peringkat” yg kalimat kk bilang diatas, itu peringkat nilai diantara teman-teman ku yg memilih jurusan n PTN yg sama dgn ku atu gmana? atau peringkat pemilih satu2nya di sekolahku ??? Jelasin ya kak…. Thx :)

  10. mau tanya nih , misalkan semester 3 ,4 kan nilainya slalu naik trus pada smester 5 aga turun gitu tetep bisa ikut snmptn undangan ga ? ato kriterianya cuma yang berhak ikut dalam satu kelas itu 50% aja ? terimakasih pencerahannya….

  11. Tysm kak tips dan trik nya,hehe
    emang bener yah kalau ipb ga bisa ditaro di pilihan kedua?terus sertifikat olimpiade atau lomba yang non akedemik bisa disertakan juga ga sih kak?itu berpengaruh ga kak?
    oh iya,dari sekolah kaka yang keterima di UI ada berapa orang dan fakultas apa?seinget kaka aja deh,hehe
    thanks before for the answer :)

  12. Thank u very much atas infony ..
    Oh y kak apa nilai rapot utk SNMPTN Undngn itu grafikny hrs naik? Trus gmana klau misalnya grafik nilai rapot ada yg mnurun dri sbelumnya?

  13. buat yang nanya tentang grafik nih yeee…
    perasaan kakak, grafik kakak kemarin ancur banget deh. relatif turun malah.. so, mungkin yg diliat emang bener2 hasil akumulasi. o y, asal sekolah juga berperan penting. getoooo…

  14. “peluangnya akan lebih besar jika kamu berada di peringkat pertama di pilihan PTN dan jurusan pertama kamu paling tidak di tingkat sekolah kamu dulu deh.”

    Maaf kak mau lebih dijelasin tentang comment kakak yg diatas dr kalimat itu dong plis….

    Trus kak kata “peringkat” yg kalimat kk bilang diatas, itu peringkat nilai diantara teman-teman ku yg memilih jurusan n PTN yg sama dgn ku atu gmana? atau peringkat pemilih satu2nya di sekolahku ??? Jelasin ya kak…. Thx

    • gini loh faiz, misal nih ya pilihan pertama kamu teknik mesin its (misalnya). trusss… liat deh, berapa banyak dari sekolah kamu yg ambil itu. lalu perhatiin kamu berada pada peringkat berapa dari sekian org d sekolah kamu yg ingin ambil teknik mesin its. kalau kamu berada pada peringkat pertama atau kedua, berarti ada kemungkinan besar kamu bakal diperhitungkan.
      trus jugaaaaaaaa, peluangnya akan semakin besar jika kamu berasal dari SMA unggulan dan kamu milih univ di daerah kamu sendiri. getooooooo :D

      • Kaka.
        mau tanya buat jalur tertulis.
        msalnya pil.pertama UNJ kedua UI. boleh ga sh ka?

  15. ooouh gitu… tp gini kalo misalnya aku nih punya nilai yg biasa2 aja trus aku milih satu aja jurusan yg gak dipilih orang lain disekolah ku? apakah itu memperbesar peluang aku kak ???

    oh ya ngomong2 kakak dr SMA mana? dulu pas smptn undangan milih kemana aja kak pilihannya ? trus skrg masuk Univ.mana yg dipilihan kk ke brp? trus nilai kk dulu gmana? bgs2 ya ? naik trus ya?

    oh ya kak kira2 kalo sertifikat/piagam yg kita cantumin di snmptn undangan kira2 sertifikat/piagam yg kaya gimana yg bisa ngebantu kita?
    satu lg kak ada yg bilang nilai TOEFL berpengaruh di snmptn undangan?

    • waduuuuuhhh,,, banyak y pertanyaannya. telepon aja gih -,-”
      cb yeee d jawab.
      emang mau jurusan apa, faiz? cb deh didiskusiin lagi sama guru BK atau guru yg ngurus jalur ini.
      kakak dari SMAN 17 Palembang. Alhamdulillah, kakak keterima di piliha pertama (FK Unsri).
      ini nih pilihan kakak kemarin:
      1. FK Unsri
      2. FKG Unsri
      3. –

      1. FK Unpad
      2. Farmasi Unpad
      3. Psikologi Unpad

      nilai kakak? gimana yaa? biasa aja sih sbnrny. grafiknya jg kacau. kayaknya akumulasi deh penilaiannya. grafik nmr kesekian…
      sertifikat/piagam yg waktu SMA aja dilampirin, terus yg paling bergengsi kalau bs.
      TOEFL gak ahh..

  16. kakak , mau tanya lagi dong soal PTN , kan aku jurusan ipa nih , pgn kerjanya sih jd pegawai bank . tu enaknya ambil akuntansi atau management ? agak takut juga cz anak2 jur ips kan pasti yg dituju banyak ke akuntansinya , secra d jurusan ipa kan belom pernah dijelaskan atau dapat pelajaran ekonomi akuntansi . menurut kakak , saya bisa bersaing dgn siswa yang jurusan ips ga ? maaf terlalu panjang dan makasi ya…. :D

    • buat maya, klu yg mana lebih baik kakak kurang tau, karna kakak kan jg jurusan ipa :D
      o y kalau kakak kemarin anak ipa yg mau ambil jurusan ips harus minta izin dulu loh sm anak ips (itu d sekolah kakak), terus yakinin kalau jurusan yg kita ambil itu anak ips gk ada yg mau ambil, krn kan itu jatah mereka. mm… sebenarnya gk masakah kok kita blm belajar ips, kan nanti waktu d kuliah bener2 d ulang lagi

      • oh makasi ya kak . kalo ambil jurusan ipa tuh yg menjanjikan peluang besar buat kerja tuh sekarang apa ?
        kalo teknik kan sarjana teknik juga udah banyak.

      • kak aku dari sman 1 temanggung, mau tanya aku anak ips… mau ambil jalur undangan itu yg diperhitungkan cm mapel ips saja apa sama tik, olahraga, pkn, bhs jepang juga gak?…

  17. - kak, kalo milih jurusan yang tidak sesuai dengan jurusan kita gimana?
    misalnya anak ipa tapi mau b.inggris, itu boleh gak ya?
    – terus kalo gak punya sertifikat bergengsi apa masih bisa lulus?
    – kakak melampirlkan sertifikat apa aja kak waktu itu?
    terimakasih :D

  18. hai kak aku jg dr palembang lho sklh di bangau hehehe. aku mau tanya kl pas undangan kt milih ptn ui & unpad, yg dijadiin ptn 1 ui ya? krn pgn bgt masuk situ. trs kan aku mau msk komunikasi/sastra korea/inggris, jurusan yg diduluin bagusnya yg mana ya? yg kans nya lbh tinggi utk diterima hehe makasih.

  19. Mau tanya niih kak…

    gimana kita tau kalau sekolah kita di black list ya..??

    karena takutnya entar pas aku milih salah satu PTN, ternyata PTN di tersebut sekolahku udah diblack list..
    kan sayang…

  20. thnks ats infonya kak,
    mau nanya, kt nya yg nentuin msk ato nggaknya d jalur undangan itu salah satunya jg dr jmlh alumni dr skoalh yg brsangkutan, jg dr indeks prestasi mhsiswanya dsn,
    misal kalo di suatu fakultas PTN gk ad kakak kls nya dulu yg msk d fkltas X (misal) pdhal fklts X itu yg kita pilih d jalur undgn.
    jd gimana apa masi ada kmungkinan bs msk d fklts itu??
    mohon d jwb y kak :-) mksi

  21. Terima kasih Kak, infonya.. mau nanya dikit nih Kak, kuliah kedokteran itu gimana sih? Berat atau biasa aja (suka dukanya)? Karena saya juga pengennya ambil kedokteran thn ini di PTN, rencananya FK UNPAD, dan untuk skr sy belum kepikiran untuk pilihan PTN ke-2 nya..
    ada saran gak Kak untuk FK di pulau Jawa yg tembus jalur undangannya ga terlalu susah? Trims!

  22. artikel ini sangat bermanfaat buat adik saya khususnya,,yang terpenting untuk snmptn undangan jgan salah meletakan pilihan,,DIKA dari FK brawijaya malang

  23. yuk keren posting nyaa!
    tp ttp msih bngung yuk, jrusan yg q mau cma ad d’jawa, tp klo it d’jdiin plihan pertama, n unsri k’2 aku tkut dag lulus..

  24. Kakak artikelnya keren banget dan gak bisa dijumpai di blog-blog lain :) Mata jadi lebih terbuka akan kiat-kiat dalam SNMPTN negeri kita ini hehehe.

    Mau nanya Kak, misalnya kita milih jurusan seni gitu, tapi nilai seninya pas-pasan gitu (guru seninya pelit sih hehe), itu ‘menurut’ pandangan kakak gimana?

    Terus Kak, aku dari Bangka Belitung nih tetangganya Palembang :P Kalau pilihan 1 itu di Bandung, terus pilihan ke-2 masih juga di Bandung. Nah itu gapapa kan kak?

    Kalo di bales makasih ya kak atas waktunya, sekedar dibaca juga gapapa deh ini komen :D

    • sekedar share, grafik dan nilai biologi kakak paling buruk dibandingkan dengan nilai2 lainnya, dan alhamdulillah ternyata sepertinya tidak dijadikan masalah.

      *thanks atas sanjungannya. terharu deh :’)
      wkwkwkwkwk

      • Wah dibalees :D

        Aku masih gak ngerti nih kak ttg penilainnya dari segi apa gitu yang pasti. Banyakin doa aja dulu kali Kak ya :) Hehehe thanks atas waktunya, Kak.

  25. kakak , ni mau tanya lagi titipan dr temen . hehe…
    kalo tmenku ga masuk 50% jalur undangan itu apa boleh mengajukan snmptn undangan d sekolah ? cz rata2nya selisih dikit banget ma anak yang keterima snmptn itu . mohon dibalas ya .. terima kasih

  26. kk mw tanya nih..
    klo snmptn undgan qt milih prodi di fkultas yg berbeda bleh kn ??
    misal :
    pilihan 1 : Teknik Informatika
    pilihan 2 : FKIP Fisika

    kayak gt bleh gak y kk ??
    krn kmren pas ak dftr sama guru katanya gk bisa, harus dari fakultas yg sama.. tmen2 jg bilang gt.

  27. Kang,, artikelnya bagus… mksi bgd ya :D … Alhamdulillah ada yang mau share masalah pengalamannya ^^ … em,,, trus kang,,, boleh menyanggah sedikit? setahu saya yang sudah dinyatakan lolos snmptn undangan,,, udah nggak boleh ukut snmptn tulis :) … hehe. setahu saya si… btw sekali lagi mksh infonya… izinn mungkin mau copas beberapa kalimatnya… hehe. maaf ya kang kl menyinggung,,, bner2 nggak ada mksud bwat seperti itu :)

  28. Jd kak apakah nilai trun mempengaruhi msk gaknya kt?cz kata guru2 aku dsklh klo nilai rapot trun otomatis kt lgsg gugur lwt undangan. Trus klo gk pny piagam apa2 gmn ka?msh ada kmungkinan masuk?

  29. kk…aq bingung.mw ambil teknik…tp nilai fisikaq smester 5 ini anjlok…cz ada kasus. (kcurangan tmn2) jd smwx jd jlex2….
    gmn y??!!!jd ragu…..mw ambli teknik geologi ugm….fis cm 81..tp laenx diatas 85 smw..mapel uan.

  30. aduuuuhhh, dilemanya adik-adikku ini B)
    iy iy ngerti kok. tp sebenarnya kurang lebih insya Allah hampir semua pertanyaan ‘klise’ kalian sudah kakak share-in baik d postingan maupun d jawaban2 sebelumnya. jadi comment2 sebelumnya jg d bc aja. kalau ada pertanyaan baru bolehlah d tulis d comment box. kalau memang jawaban dari pertanyaan kalian belum ada d postingan dan d jawaban2 sebelumnya dan kakak tau jawabannya itu, insya Allah kakak bales deh. okok? wish you all luck :))

  31. halo kk..saya dari SMA N 1 pAngururan.(danau toba).. kakak ni saya masih kelas 3 SMA ni… tapi saya sangat bergumul dengan yang namanya jurusan.. say berniat di IPB kak.. jurusan kedokteran hewan atau teknologi pangan…. tapi setelah tau teman saya yang juara 1 di kelas ambil teknologi pangan IPB juga.. saya jadi drop.. bisa saya minta usul jurusan apa yang baik untuk saya di IPB??
    makasih kakak.. :)

  32. ka, kata guru aku disekolah kalo kita program IPA trs mau ambil jurusan IPS misalnya manajemen. emangnya gak bisa ya ka? kalopun bisa emangnya itu beresiko? Tlg dijawab ya ka, makasih ;)

  33. infonya berguna bgt buat saya kak.
    saya mau nanya ka.Saya udah masuk kuota peserta snmptn undangan di sekolah saya,tp saya masih tetep bingung milih ptn.Sebenernya pilihan itu sesuai apa yang kita ingin masuk atau pilihan cadangan kita?
    Rencana pilihan saya:UI(kesehatan masy& keperawatan) dan IPB(ekologi manusia & perikanan dn ilmu kelautan).trims

  34. halo kk :D saya dari SMAN 3 DENPASAR.. ingin bertanya :

    Saya dari jurusan IPA, nah untuk pemilihan PTN nya saya udh top, tgl jurusannya aja nih :(

    mslahnya gini,
    1. saya dari jurusan IPA pengin nyari HI yang notabene merupakan jurusan dari IPS. Apa diperbolehkan..?

    2, Apabila diperbolehkan, bisakah jurusan yang akan kita cantumkan pada form snmptn undangan nanti terdapat jurusan dari IPA dan IPS…?

    o iya thx sebelumnya, blognya bikin mata saya terbuka lebar atas peluang SNMPTN undangan ( wlopun belom ada pengumuman, saya lulus SNMPTN undangan atau nggak :D )

  35. keren dan bermanfaat sekali kak,,,, terima kasih (:

    saya slma dari bandung,
    pertanyaan : ketika pilih jurusan di snmptn undangan ..apakah harus sesuai jurusan ? atau boleh menyilang. mis: saya jur.ipa tapi nanti pilih bahasa inggris ..

    satu lagi : bagaimana pertimbangan memilih jurusan alternatif/ kedua. sedangkan hati dan minat kita sudah jatuh cinta hanya sama satu jurusan ?

  36. mm… kakak minta maaf banget yaa..
    nampaknya tahun ini cukup banyak perubahan ketentuan snmptn undangan. baru tau dari adik kelas kakak jg ternyata jatah undangan dibatasi dan yang diambil hanya nilai yang diujikan UN. takutnya ada perubahan lain jg dalam menentukan pilihan jurusan, jadi pro-aktif yaa keluar masuk ruang BK buat nanya2 ttg ini.
    tp insya Allah tetep masih bisa ngebantu kok tulisan di atas.
    okok :))

  37. kak, aku mau nanya dong.
    kalo misalnya ikut jalur undangan dari jurusan IPA, kan dapet 2 pilihan universitas dan masing2 2 jurusan. nah, kalo misalnya 22nya milih satu universitas misalnya IPB sama IPB juga, jadi milihnya 4 jurusan/fakultas dong?

    kalo ada waktu mohon dibales ya kakak :D

  38. kak, aku mau nanya dong.
    misalkan aku jurusan ipa trus aku mau milih jurusan ips atau bahasa boleh ga sihh??

    aku bingung banget dalam pemilihan jurusan di snmptn undangan ini. banyak bgt peraturannya.

  39. kak, misalnya lewat jalur undangan saya memilih pilihan ini
    – IPB : Komunikasi dan pengembangan masyarakat
    – UB : Agroekoteknologi
    kalo saya liat peminta thn dr thn sbelumnya sih lumayan bnyk, kira” peluang saya masuk itu besar ga ya?
    oh iya, saya bkn dr sma yang favorit dan nilai” yang hanya rata2 7 tp ada kenaikan

    btw, nice info kak :)

    • mm… gimana yah..
      kalau kasat mata sih pilihannya udah ok, gak muluk2 amat. tp tetep kece.
      tp kakak gak bisa pastiin, jg akan banyak siswa lain yang ambil urusan yang sama. cb (lagi-lagi) konsul sm guru BK atau sama guru yang ngurus ini d sekolah. kalau kata mereka jg ok, yaudah gpp.
      masalah pengumuman urusan belakangan. okay?

      • Itu dia kk masalahnya, jd di sekolah saya ga ada guru BK..
        jadi info paling dpt dr temen” atau tempat bimbel gitu..
        Ohh iya kak, emang pilihan 1 itu harus dari wilayah 1 ya? terus kalo ternyata nilai saya ada yg turun berpengaruh bwt undangan ga kak??

      • uuuhhh, kesian. tp pasti ad dong guru yang ngurus nih jalur kan?
        gak harus sih dek. cm biasanya anak daerah d PRIORITASKAN. biasanya…
        kalau turunny gak drastis gak lah..

      • Ada dong kak, repot lah kalo ga ada yg ngurus haha
        Hmmm jd bingung dh milihnya..tapi sbenernya peraturan kalo andaikan saya keterima di undangan, boleh ga sih kak ikut ujian tertulis lagi?

      • nah kan kalo ada kyak itu, mksd kakak paling gak mereka ngerti ttg ini jadi tanyain k mereka itu.
        klu pengalaman tahun kemarin, bisa sih ikut tertulis lagi, tp agak repot. lebih-lebih kalau tempat pendaftaran ulang undangan tempatnya jauhan dengan lokasi tes terulis. repot uy..
        makanya pilih jurusannya jangan setengah hati, jadi kalau lulus gak bakalan kepikiran lg sama yang namanya ujian tertulis :D
        tapi kalau gak lulus jg (smg gak yaa. haha..) paling gak sudah coba. mari lanjutkan perjuangan!!!

  40. kak, aku pengen ambil UI dan UGM. tapi aku anak sulsel. aku pengen ambil
    Pilihan pertama UI :
    1. Hukum
    2. Ilmu Komunikasi
    Pilihan ke dua UGM
    1. HI
    2. Hukum

    apa gak muluk- muluk amat yah kak? kira- kira peluang untuk lulusnya gimana?

    • hhahaha… aseeek pilihannya :D
      itu peminatnya banyak juga loh. kalau peluang lulus kakak gak berani ngomong dek, cara penilaian panitia yang pasti emang dak pernah d share.
      percaya diri aja :)

  41. kak, mau nanya nih. aku dari salah satu sma favorit di Padang.
    di kotaku itu ada 3 SMA yang favorit. setelah diliat-liat 2 sekolah lain itu nilai rata-rata muridnya lebih tinggi daripada sekolah aku.
    nah, yang mau aku tanyain
    1. rata-rata aku 89, 89, 90 (semester 3,4 & 5) kalau menurut kakak itu termasuk tinggi, sedang atau rendah?
    2. aku dengar kabar kalo sertifikat itu punya point. nah, kebetulan aku punya sertifikat osn ekonomi dan jurusan yang mau aku ambil itu akuntansi. katanya kalau osn itu nilanya 2, jadi rata2 kumulatif aku dari 89,6 + 2 = 91,2. itu bener gak?
    3. bener gak sih kak kalau anak daerah itu lebih dipriopritaskan daripada anak kota?

    makasih sebelumnya :)

    • kakak baru tau dr adek kelas kakak kemaren, kalau ternyata Subhanallah sekali ya nilai2 rapot anak kelas 3 SMA sekarang (*ngerti kan?)
      jadi kalau berdasarkan pemikiran personal kakak ya, nilai jadi urutan kedua dek, kalau mau bener2 mutlak nilai, alhasil bisa2 yang lulus anak-anak dari sekolah yang nilai rapotnya tidak bisa dipertanggung jawabkan. jadi kalau emang integritas sekolahnya emang bagus, insya Allah itu jadi salah satu pertimbangan besar dari panitia ptn.
      kalau masalah penilaian dan poin2 itu kakak dak ngerti, karna emang cara penilaian panitia tidak d share. maaf yaa…

  42. Kakak thx bgt infonya,. Sangat membantu :)
    Saya dr sman2 denpasar (bali)
    Mau nanya nih kak, bgmna kalo yg saya pilih jurusan IPS semua, sedangkan saya dr jurusan IPA.. Tp nilai saya lumayan tinggi dan meningkat..
    Kira-kira berpeluang bisa lolos tidak ya?
    Mohon sarannya ya kakak :)

  43. makassihh .infonya baguus!
    saya siswa dari Jogja
    mau tanya niih kak …. alhamdulillah aku masuk siswa yg di daftarin ngikut jalur undangan ..aku jurusan IPS .. rencananya aku mau ngambil UGM dan UNY
    menurut kakak gimana siih cara memilih prodi yang pasti bisa ketrima ??
    tolong dong kak di jawab >>>>

  44. kak tiar mau tnya,
    untk jlur undngan boleh nggak kita pilih jrusan ips pdahal kta jrusan ipa??
    1 kesmas unsri
    2 ekonomi pmbngunan

    trus kemungkinan kta diterima , di PTN gmna kak, apa asal daerah juga ikut menentukan ?
    mis ak dri plmbng tpi pilhan prtama unpad, pilihan kedua unsri ?
    kemungkinan peluang diterimadi mna kak ??

  45. kak, syarat dpt jlr undangankn hrs 50%(akrdtsi A) trbaik disekolah yg diurtkn scr paralel. pengurutannya itu dilkukan oleh pihak sekolah ato dr panitia undangan snmptn itu sendiri??

    trus kalo sekolah itu mengirimkn data rapot seluruh siswanya (100%) dgn mksd panitia undangan yg akan menyleksi 50% trbaik itu. Apa itu melanggar praturan sistem jalur undangan ato nggak??
    dan kalo melanggar akibatnya gmn??
    soalnya sekolah saya rncana nya mau buat sistemnya kyk gitu.

    tolong d jwb ya kak. makasi

    • waduh, first case that I found. kalau ngelanggar ya? belum tau jg dek, baru sekali ini denger
      setahu kakak dan sampe sekarang yg kakak tau. pengurutan itu oleh sekolah. emang belum di umumin siapa2 yg akan ikut? sudah di buka kan pendaftarannya? itu pun yang daftarin sekolah, kita cuma bakal ngegalau buat milih jurusan. that’s it… dan kalau gimana2 cara milihnya atau pertanyaan2 semacam itu, insya Allah udah kejawab sama postingan2 d atas sama jawaban2 dari pertanyaan2 sebelumnya d postingan ini. ocreee???

      • kmrn emang udh diumumin kak, yg dpt undangan, tp itu diambil 50% trbaik per kelas bkn scr paralel satu skolah.
        Trus baru di umumun kalo sekolah akn ngirimin semua data siswanya.
        kalo ngelanggar praturan apa satu skolah bisa nggak dilulusin undangannya ??

  46. ka mau nanya, kalo anak ipa ngambil jurusan hukum pas kuliahnya keteteran ga? siapa tau ada pengalaman dari temen2 kaka. thanks b4

  47. ka menurut kaka, integritas unpad sama ipb gimana? soalnya aku mau masukin unpad di pilihan PTN 1 dan ipb di pilihan PTN 2. ditunggu balasannnya, salam siswi galau :)

    • unpad sm ipb y? sm2 BAGUS, sm2 MAHAL. hahahah
      gini y, kalau tahun kakak ipb dak mau d taruh d piliha kedua. itu pernyataan langsung dr rektor ny. tp gak tau d tahun ini. coba kamu lihat siapa nama ketua umum panitia snmptn undangan tahun ini, masih dak rektor ipb itu. kalau iya, kemungkinan peraturan belum berubah. mungkin….

  48. ramenya ..
    kakak.. salamm kenall , sksd banget saia .. hehehe

    aku mau tanya kak, kan aku mau pilih IPB dan UGM , itu yang d tempatin di pilihan pertama yang mana yaa ? katanya dr comments yang di atas dua univ. itu ga mau di tempatin di tempat ke dua ?? tolong baless ya kaa , terima kasihhh

  49. ka aku mau tanya dong, aku kan jurusan IPA terus aku mau ikut jalur undangan ambil adm.fiskal UI, nah itu kan masuknya jurusan IPS, kira2 bisa ga yah anak IPA ambil jurusan IPS lewat JALUR UNDANGAN?

    • mm… berapa ya? lupa dek
      yg pasti nilainya gak sebesar nilai rapot kalian sekarang. tahun kemarin kan issue jalur undangan itu setelah pengisian rapot. alhasil nilai rapot kami kemarin (terutama d sekolah kakak) di-be-ber-kan secara “blak-blakan”

  50. kak, saya kan dr jurusan ipa.. untuk mndaftar snmptn undangan, seandainy pilihan kedua saya itu jurusan ips, bgaimana peluang untuk lulusny kak??
    apakah tetap saya plih yg k2 ips, atau duaduanya ipa?
    mohon saranny kak

  51. kak, saya kan dr jurusan ipa.. untuk mndaftar snmptn undangan, seandainy pilihan kedua saya itu jurusan ips, bgaimana peluang untuk lulusny kak??
    Sbaiknya tetap saya plih yg k2 ips, atau duaduanya ipa?
    mohon saranny kak

  52. makasih atas infonya.
    saya ingin memilih ugm dan brawijaya. nilai saya tidak sebagus sekolah” lain.tapi dari sekolah saya banyak yang masuk ugm dan brawijaya. dan menurut kakak bagaimana peluang saya?
    makasih sebelumnya

  53. makasih atas infonya.
    saya ingin memilih ugm dan brawijaya. nilai saya tidak sebagus sekolah” lain.tapi dari sekolah saya lumayan lah yang masuk ugm dan brawijaya. dan menurut kakak bagaimana peluang saya?
    makasih sebelumnya

  54. Munurut kakak gimna jika nilai rata-rata saya 82
    Saya ingin mencoba ke IPB dan Unimed
    Asal saya dari Medan
    Tolong saran dan pesan nya ya kakak senior !!!

  55. ka mau tanya bisa ga ngambil jalur PMDK FK tp smester 1 kelas 1 nilai fisika ku 70 kurang dikit tapi smester yg lain nya nilai MIPA aku besar besar itu bisa ga ka ? tolong yah ka minta saran dan info nya :)

  56. kakak dulu kan pilihannya keterima di piliha pertama (FK Unsri).
    ini nih pilihan kakak kemarin:
    1. FK Unsri
    2. FKG Unsri
    3. –

    1. FK Unpad
    2. Farmasi Unpad
    3. Psikologi Unpad

    nah kalo boleh tau, itu rata” nilai kakak berapa? mksih

  57. Assalamualaikum kak. Kak, kakak bilang kan universitas pilihan pertama bakal lebih dipriorotaskan nih, nah kalau jurusan ada aturan pemrioritasan gitu juga nggak? Misalnya: Nilai saya lumayan bagus, dan pilihan saya ke FK UNPAD dan Psikologi UNPAD juga, tapi ada teman saya yg nilainya lebih rendah, tapi krn pilihan pertamanya ke psikologi UNPAD, jadi teman saya itu lebih diprioritaskan masuk psikologi unpad daripada saya, meskipun nilai saya lebih besar. Benarkah? Tolong share infonya ya kak, terima kasih ;-)

  58. Wah Membatu ngt kk tips dan trik…, kk saya nyari nilai” terendah hasil SNMPTN thn k maren kok ngk ada 1 pun ya kk… apa memang tidak diperlihatkan…?

    • Wah Membatu bgt kk tips dan trik…, kk saya nyari nilai” terendah hasil SNMPTN thn k maren kok ngk ada 1 pun ya kk… apa memang tidak diperlihatkan…?

  59. kakak. futty dari padang mau nanya ni.. kata kk kan kalo udah lulus undangan pun kalo bisa ikut yang tulis jugaaa.. sedangakan hari pendaftaran undangan bentrok sama ujian tulis. gimana tu kak ??

    • iya bener, untuk mewanti-wanti hal yg tidak diinginkan. tapi hal ini hanya memungkinkan apabila tempat pendaftaran ulang itu dekat jaraknya dengan tempat tes. tes snmptn itu cm sampe siang, sedangkan pendaftaran ulang itu biasanya sampe sore. begitu adikku =)

  60. permisi mb,hhe
    mb,saya mw tnya dnkz,nilai saya rata2 kalo gk slh(karna skrng raport udh di kumpulin,jdi agak lupa) 78,79,80,81,82an,sekitar segituan
    apakah saya bisa masuk fk?jujur saya ingin sekali dridlu,karna faktor eyg buyut saya yg dlunya dokter dan cita2 yg kuat,
    dn swdra2 smpe skrng blm ada yg jd dokter,dn saya ingin bgt bza,tpi yg trkadang mmbwt saya kecil hati,saya gk lolos msk undangan,nilai saya kwt klz 2,turun,karna saya alhamdulillah menang di bagian model sehingga hrz k’jkt 2 minggu,sdngkn materi ipa bnyk,dn sering ulangan tiap bab,shngga saya susah bwt mngjarnya,trkdng sngt mnysal
    kira2 apkh saya punya hrpn mnjdi dokter,trkadang saya tkut liat org2 yg nilainya tinggi2,palagi di yogya,kadang mrsa kecil hati,dn yg terbaik pilih univ di daerah sndri atw di daerah lain ya?mav pnjng bgt nie,tlng di blz,mhn infonya,mksh:))
    maaf

  61. kakkk… kalo kagag lolos di jalur undanga..
    nomor pendaftaran yang di npake pas jalur undangan itu, appa bisa buad jalur ujian tulis…
    kagagg bayar laggi gittuhh;….

  62. kalo semisal nilaiku sama dengan pendaftar yang lain di PTN X jurusuan A, yang menjadi prioritas nilainya buat didahulukan itu yang siapa?

  63. kak aku mau tanya, kira kira menurut kakak PGSD itu trmasuk pilihan ke berapa??
    soalnya akhir2 ne peminatnya banyak banget :0

  64. kakak mau tanya (mudah-mudahan bisa dijawab). Sekalian wanti-wanti buat ikut tertulis.
    1. Kemarin aku perbaikan nilai , tapi emg krn salah input. Itu ngaruh ga kak sama penilaiannya nanti ?
    2. Sekolah aku kategori reguler. Kemarin aku pilih ptn 1 : unj akun murni & pend ips, ptn 2 : ui arkeolog sm filsaf. Menurut kakak gimana sama pilihan aku ?

    Thanks before kak :)

  65. kakak mau tanya nih, aku dr jakarta (mudah-mudahan bisa dijawab). Sekalian wanti-wanti buat ikut tertulis.
    1. Kemarin aku perbaikan nilai , tapi emg krn salah input. Itu ngaruh ga kak sama penilaiannya nanti ?
    2. Aku persentasenya 0% smua tapi dpt peringkat paralel ke-7 & aku punya sertifikat lomba akuntansi tingkat kabupaten. Apakah sertifikat aku akan membantu ?
    3. Sekolah aku kategori reguler. Kemarin aku pilih ptn 1 : unj akun murni & pend ips, ptn 2 : ui arkeolog sm filsaf. Menurut kakak gimana sama pilihan aku ?

    Thanks before kak :)

  66. duh ka kalo saya ambil IPB (Arsitek Lansekap) pil pertama, terus pilihan keduanya UGM (Arsitektur) gimana ka?

    apa UGM hangus? saya sih rumah di Bogor pengen kuliah yang deket. tai orangtua kekeuh pengen ke UGM aja ka

    mohon pencerahannya

  67. assalamu’alaikum kakak :). btw kakak di FK ya? share dong ka gimana FK itu? Aku pengin bgt dari sd sekolah di kedokteran, ini lagi berjuang dapetin nilai bagus :) *doain ya kak :).
    aku kan masih mau kelas 11, kiat-kiat yang harus aku lakuin apa aja biar masuk FK apa?. makasih :)

  68. Assalamu’alaikum.
    selamat malam kak…
    Sebelumnya terimakasih banyak atas informasinya. saya baru naik kelas XII, insya’ Allah nanti saya mau ambil Jalur SNMPTN Undangan.tapi untuk sejauh ini nilai2 saya per-mata pelajaran naik turun, terus rata2 yg saya dapat pun bertambahnya masih tergolong kecil. jd gmn menurut kaka ttg ambisi saya? mohon kritik dan sarannya ya kak. terimakasih :) selamat Malam.

  69. aku di Farmasi UI dan keterima FK UNSRI, tapi sekarang lagi bingung nih, huhu
    pengen kedokteran tapi udah sayang sama Farmasi juga, huhu
    kira-kira sarannya gimana yaa??

  70. kakak,makasih ya artikelnya sangat bermanfaat ,
    doakan kami lulus SNMPTN tahun 2013 ya kak , amiiinn :)

    oh iya aku mau tanya aku dari IPA asal sih dr lampung kak , nilai sih lumayan kak , aku mau pilih jurusan sastra ingris atau fkltas kguruan ingris d UNILA , gimna kak sdngkan aja aku dri ipa ak gk tau gimna peminat nya anak2 ips yang plih ingris ? :(
    apa ak ttp plih ingris ya ? hehehe , mkasih kak sebelumnya :)

  71. tengkyu kak postingannya.. berguna banget nih buat aku yg uda kelas 3sma:D
    aku dari sumatera utara kak..

    oh yaa kak, mau nanya nih.. aku kan ipaa..tapi untuk kuliah nanti aku minatnya ke ips.. ptn 1: ipb – managemen
    ptn2: usu – akutansi
    itu bagaimana kak? bermasalah atau tidak? terimakasih :)

  72. mb.. .nabilaa boleh mintakk.nve hape.aa gagg… banyakk yg mauu bilaa tanyaaiin ne..
    cz kann tahun depan mw kuliahhh… hehee..
    mkshh mb

  73. asslamualaikum

    mbak fk unsri ya, aku juga mau masuk unsri 2015 nanti krn saya sangat takut byk pesaing, gimana cara penerimaan siswa yg mrnjadi prioritas utama itu nilai/piagam/nama sekolah(unggulan)? makanya saya mau tanya kakak dlu ambil jurusan apa? aku SMA N 5 PLG kak, apa bisa ya kemungkinan besar sma ku bnyak menerima jalur undangan krn sma ku itu sulit untuk dapet nilai besar???

    dijawab pliss kak demi masa depanku wkwkkwkwkw

  74. kak, ak asal kuala tungkal, Jambi

    sesuai keinginan ortu, ak kpengen msk fk unsri…
    tp nilaiku ga tinggi2 amat. rata2 kls 1 smstr 1 79,sekian
    kls 2 83,sekian…
    kk blg ank daerah diprioritaskan. gmn dg yg trgolong ‘lumayan dekat’ kyak ak ini?

    trus dgr2 jg thn 2013 snmptn tulia bakal dhapus 0wo

    klo ad wktu mohon drespon k :)

  75. Assalammu’alaikum..Hy kak,aku Dian dr Pekalongan,Jateng.Mw tnya ni blh gk?
    Kak,sklh aq mrpkn sklh RSBI n’ favorite di kota aku.Jd kbnyakan anaknya pnter2 smua,kalo rata2 raport keseluruhan aq 82,85,dan 87..
    Tp dibandingin sama rata2 tmn di kls,aku ditengah2 aja kak,apakah iza aku ikt undangan? Aku mw msug Gizi IPB dan Akuntansi Unpad,mnrut kakak,mana yg hrs lbh di prioritas kan ke pil 1?gmn saingan

  76. Ka, mau tanya. Aku siswi jurusan IPA. cuma aku pengen masuk ke jalur undangan IPC (PGPAUD-UPI), tp kta guru BK aku, tempatkan jurusan ipa trlbih dahulu. Sdangkan kemampuan aku di ipa hanya matang di biologi, kimia, sama matematika. Aku juga sukanya anak-anak. Kalo mau ngambil psikologi itu kurang srek. Kan kalo di PGPAUD itu, psikologi juga dipelajari. Sementara itu ayah juga minta aku masuk ke FKPArsitektur. Tapikan fisika aku steng-steng. Boleh minta saran kaka.

  77. Ka, mau tanya. Aku siswi jurusan IPA. cuma aku pengen masuk ke jalur undangan IPC (PGPAUD-UPI), tp kta guru BK aku, tempatkan jurusan ipa trlbih dahulu. Sdangkan kemampuan aku di ipa hanya matang di biologi, kimia, sama matematika. Aku juga sukanya anak-anak. Kalo mau ngambil psikologi itu kurang srek. Kan kalo di PGPAUD itu, psikologi juga dipelajari. Sementara itu ayah juga minta aku masuk ke FKPArsitektur. Tapikan fisika aku steng-steng. Boleh minta saran kaka ?? Makasih..

  78. kk, kalo jurusan yg qta plh keduanya tdak berasal di pulau jawa.
    Msalnya sya plhan p’tma saya mengambil kedokteran hewan di unsyah.
    Plhan kedua m9mbil agrokoteknologi di usu.

  79. kak mau tanya dong.. Lagi galau berat nih..
    Semester 3,4 nilaiku bagus tapi rapot UTSku semester 5 buruk . :(
    kalau semester 5 nilaiku turun kira2 masih bisa ikut snmptn nggak ya?

  80. assalamu’alaikum
    oh iya gan,saya pernah dengar untuk milih n ngisi jrusan ktanya perlu merhatiin akreditasinya,maksudnya ma pengaruhnya gmn?

  81. assalamualaikum
    salam kenal kak, aku tika dari tarakan, kaltim.
    mau tnya seputar jalur undng ptn jg kak
    aku dari sma yg trmasuk favorite juga d kota Tarakan
    nilai” smster 3,4,5 gak terlalu bagus sh kak, rata” dibwah 84
    kira” kalo seandainya aku didaftarin skola buat ikut jalur undangan (aamiin.. doa’in ya kak)
    aku bakal milih
    1. UGM jurusan (FK dn Biologi)
    2. Unmul jurusan (FK dn Farmasi)
    mnurut kk gmn ? apa terlalu muluk ya kak ? mengingat nilaiku gk mmungkinkan. mohon komennya ya kak :) makasi

  82. hmm .. kalo mau tentuin jurusan pake prioritas gitu ga? misalnya di univ a ada 2 pilihan fakultaskan, terus , yang ada di awal harus yang utama atau gmn ?
    makasi

  83. Kak mau tanya, seumpama q pngen statistik kalau d its grade.nya 36 sdgkn itb or ugm hnya 32 itu mending mlh mana utk plhn pertma? Trma ksh jwbn.nya

  84. assalamualaikum….
    makasih banyak,tulisannya sangat membantu kak
    aku mau tanya,kalau pilihan 1 dan 2 universitasnya sama2 di jawa gmna ??
    mana yang harus aku prioritaskan di urutan pertamk ?

  85. ka mau tanya ni. aku kan jurusannya ipa, tapi aku mau ambil fkip b.ing. snmptn nya kan ngasih 2 ptn sama 2 prodi, aku mau di unila dan unsri. tapi klo kita ambil b.ing yg ips sedangkan kita ipa, peluangnya bisa gak ya ka? makasih sebelumnya, djwab ya ka^^

    • ka mau tanya ni. aku kan jurusannya ipa, tapi aku mau ambil fkip b.ing. snmptn nya kan ngasih 2 ptn sama 2 prodi, aku mau di unila dan unsri. tapi klo kita ambil b.ing yg ips sedangkan kita ipa, peluangnya bisa gak ya ka? makasih sebelumnya, djwab ya ka^^

  86. ka mau tanya ni. aku kan jurusannya ipa, tapi aku mau ambil fkip b.ing. snmptn nya kan ngasih 2 ptn sama 2 prodi, aku mau di unila dan unsri. tapi klo kita ambil b.ing yg ips sedangkan kita ipa, peluangnya bisa gak ya ka? makasih sebelumnya, djwab ya ka^^

  87. assalamualaikum
    kak, ak dari banyuwangi. ak kepingin masuk fakultas kedokteran yang negeri and kalau bisa lewat jalur snmptn undangan . Kalau di Jawa denger2 sih susaaah banget masuknya. Terus ortu ku nyaranin buat ngambil di luar jawa. Kalau misal ak pilih snmptn undangan yang pertama
    UB, tp jurusannya mikrobiologi dan yg ke 2 UNSRI FK, apa mungkin ak ketrima di 2 univ. tsb?
    and kalu ak milih yg unsri, apa unbra membacklist sekolahku?

  88. kak mau nanya nih, kira kira agribisnis unpad atau teknik planogi undip mana yang harus di prioritaskan dan dijadikan pilihan kedua ya?

  89. Kak numpang tanya, jadi kan rencananya saya mau pilih PTN diSNMPTNnya : UIN SYAHID JKT dan USU, saya bingung kak peletakan PTN mana dipilihan pertama. Kalau secara pribadi saya maunya di UIN SYAHID, tapi kan katanya dipilihan pertama PG nya harus lebih gede dari pilihan ke 2, masalahnya PG USU > UIN SYAHID. Tapi masalahnya juga, bukannya PTN di jawa sebaiknya dipilihan pertama kak ? Mohon sarannya ya kak :)

  90. Kak,,saya mw tnya kakak diunsri jurusan fk yaa,,
    kak klo diunsri itu daya tampung ny fk brapa??
    trus dijalur undangan itu nilai rapot nya dilihat dri semester 3,4 dan 5 atau diliat smw semesternya??thx ditunggu informasinya,,

  91. kak aku pngen bngt msk fk unsri atau fk unila,,mnurut kakak peluang lbh bsr untk msuk fk unsri atau fk unila,,tlong jga dijlaskan alasannya..dan saya mw tnya lgi kakak angkatan fk unsri thun brapa??

    • Kaaak aku dari sman10 palembaaang :D aku mau nanyaa,, rata2 ksuluruhan nilai ipa aku cuma 82 kaaaak :'( :'( kalo aku ngambil fkg unsri kira2 gimana kaak? Berapa persen peluang keterimanya? Mksh kaak

  92. kak aku mau nanya . Aku kan di SMA jurusan ipa, kalo ikut jalur undangan harus milih jurusan yang prodi IPA juga ya ??

  93. Kak, kalo misalnya kita milih jurusan X terus kita tertarik ke psikologi n farmasi,, aku awalnya isi jurusan pertama itu psikologi. Terus kata guru aku, farmasi aja yg pertama nak, baru psikologi karena pg% lebih bsr..
    Tapi aku lbh tertarik di psikologi.. Gmna tuh kak? Aku dh ngisi farmasi yg ptma

  94. alhamdulilah tulisan kakak bermanfaat banget :) makasih kak. saya dari sumsel juga =)
    mau nanya, kan thn 2013 ini, slh stu PTN hrus dri satu provinsi, nah kbtulan sya mau ambil FK UNSRI dipilhn prtma *smoga lulus*. Tp ada temen sya yg nilai dan rnking nya lbh bsar dri saya jg mau ambil FK jga & dia pilih PTN k1 nya FK UNPAD, yg FK UNSRI dipilihan k2, kta kk urutan PTN prtama lbih diprioritaskan, mungkinkah peluang saya msuk FK UNSRI lebih besar dr teman sya yg menaruh FK UNSRI di pilihan ke2 wlpn nilai saya dibwh dia.? mungkin juga nggk kalo seandainya saya lulus, tp dia tidak lulus di UNPAD, lalu setelah di UNSRI dia menggeser saya, karena nilai nya lebih besar.. dibales ya kak biar pahala nya tmbh bnyak :D

  95. kak, artikelnya ngebantu banget deh. btw, boleh tanya ga? kalo tahun sekarang tuh boleh lintas jurusan ga dr IPA ke IPS? thx yaaa :-)

  96. Mau tanya nie,soal’a saya kurang paham.
    saya kan jurusan IPA..
    Apakah bisa saya masuk jurusan Agribisnis??
    Trus peminat jurusan ini bnyak nggak?
    Makasi :-)

  97. assalamu’alaikum,
    kak nama saya fitri , saya mau tanya apa sertifikat dan piagam itu sangat berpengaruh terus kalo boleh tau kakak kmrin mencantumkan sertifikat apa ?

  98. kakak saya satrio, mau nanya : saya naruh snmptnnya di psikologi unpad, liat daftar peserta yang milih jurusan itu dimana yah?
    oh ya trus dengan nilai rata2 rapot saya 87, peluang masuknya gimana yah?

  99. kak, maaf mau tanya. kalo misalnya kan saya punya sertifikat kaya LIA gitu. itu masuknya bidang apa ya? terus tingkat apa ya? bales ya kak makasih

  100. kak mau nanya, saya dari jurasan IPA, saya pngen daftar ptn d brawijaya ambil jurusan ekonomi. bisa gak ya ?
    makasi

  101. Ka, mau tanya, banget banget bingung nih, nilai temen aku lebih tinggi sekitar 20 poin dari aku. tapi aku menyertakan sertifikat peserta olimpiade ekonomi & b.ing . Sedangkan dia ga ada sertifikat sama sekali. Kira2 aku punya kesempatan untuk masuk akuntansi UNJ lebih dari dia gak ya ka ? Mohon pencerahannya ka :(

  102. Assalamu’alaikum
    terimakasih ka,,info nya sgt bermanfaat. Jazakalloh khairan katsira… ^_^

    sy ai nenden dr MAN Sukamanah,,Tasikmalaya
    sy mu tanya ni,,,sy ingin masuk ptn ,lewat jalur undangan dan sy pilih bidikmisi,(karena aku low economi ),tentunya kan harus mempertimbangkan nilai raport,,:)
    sedangkan nilai2 raport ku jauh dari kata luar biasa,,,alias sangat biasa sekali… ;(
    pakah da peluang gtu bwt sy bisa masuk ptn??? ;)

  103. Halo mbak. Wah jadi inget setahun lalu saya juga ikut comment di postingan blog mbak ini. Tahun lalu saya benar – benar hati2 melangkah untuk memilih jurusan yang tepat untuk snmptn undangan setelah membaca postingan ini. Tips dan triknya manjur banget!

    Alhamdulillah saya lulus di UGM, jurusan Teknik Kimia. Asal saya dari Riau. Saran saya untuk adik2 yang dari daerah, jangan takut untuk mencoba yaa. Semangat!

  104. kak saya mau nanya.. tahun lalu saya lulus snmptn(ujian tulis) di universitas negri kita sebut aja universitas A, namun tahun lalu saya tidak mengambilnya..
    yang ingin saya tanyakan apakah tahun ini saya masih dapat membuat pilihan sbmptn saya di universitas A tersebut atau apakah nama saya sudah di blacklist?
    mohon informasinya.
    terima kasih

  105. Aku mau nanya nih,kann aku msih SMA kls 2 naik2an kelas 3,aku nnti mau ambil jalur undangan di bidang keperawatan,klo aku ambl jalur undangan lngsng di Fkep(S1keperawatan) itu bisa ga sih?atau harus lulus D3 bru bisa ambil Fkep?tolong jawab ya

  106. Aku mau nanya bisa ga klo ngambil jalur undangan ke Fkep(S1keperwatan) atau harus lulusan D3 bru bisa lngsng ke S1?

  107. kak..mau tanya dong,kan rencana aku mau ambil FK unila sama FK UNSOED , trus di pilihan pertama aku nulis yang mana dulu ya sebaiknya? mohon bantuanya ya kak^^ thanks .

  108. kak mau tanya, kalau jalur SNMPTN itu diambinya dari nilai rapot saja atau ada tes yang lainnya lagi? terus kan sekolah saya tadinya RSBI nah kan tahun ini RSBI dihapuskan, apakah berpengaruh terhadap jumlah siswa yang masuk SNMPTN?

    terimakasih

  109. Min..maaf saya mau tanya…Sy sekarang siswi kelas 11 Ipa… Sy tinggal dipulau jawa tepatnya di Banten. Sy ingin memiliki persiapan yg matang untuk Snmptn undangan..apabila ada nilai yg turun naik tiap smesternya kira2 3-8 point…tetap nilai masih diatas KKM apa itu berpengaruh???.. Terimakasih

  110. weww makasih bgt infonya mbak tiar
    maaf ya panggilnya tiar,hmpir mirip sama gebetanku
    wah nama tiar itu slalu memberi pncerahan ckck

    mau tanya mbak
    aku pgn dftr di univesitas semarang,nah menurut mbak universitas mana yg bagus dan fakultas apa yg menjnjikan untuk cept dpt kerja?

    mksh sebelumnya :) <3

  111. Kak mau nanya nih , aku dari sma 3 plg. Aku kls 12 jurusan ips kak, mau ambil fakultas di unsri itu sistem informasi ato gak psikolog boleh gak kak ? Kan itu smua ipa . Trs bs gak di jadiin pilihan saat ikut jalur undangan nanti ? Makasih kak sblmnya

  112. kak mau nanya nih, hmm undangan ini saya mau pilih hukum di unpad, tapi setelah saya teliti alumni dari sekolah saya belum ada yang masuk di fakultas itu, terus bagaimana dengan peluang saya? apakah itu agak sedikit sulit buat saya ??

  113. Saya siswi SMK jurusan bisnis manajemen,tepatnya pada pemasaran.
    Saya bingung,memilih jurusan apa saat masuk PT.
    Please sarannya jurusan apa yang cocok untuk saya,yg lulusan SMK jurusan pemasaran ini.
    THANKS :-)

  114. info-nya bermanfaat bgt ka, makasih. ngomong2 sekalian mau nanya nih ka , kalo PTN pilihan pertamanya IPB , keduanya apa ya kak ,yang peluang diterimanya tuh besar?

  115. Mksi kk atas infonya :) oo yaa kak. Aku mau tanya ada tips dn trik ngk si dlm mmlh urutan mletkan jrusn” yg akn dplih??
    Mksi

  116. assalamualaikum wr wb. barusan sy baca psotingannya kak, sy skrg sudah kelas 3 sma di daerah makassar sulsel. saya mau nanya nih kak, gimana kalau jurusan sy di sma ipa, tp saat memilih jurusan di perguruan tinggi nanti sy hanya ingin masuk ke jurusan bahasa/sastra inggris. tolong saran dan strateginya kakak, trims:)

  117. Kalao rata2 raport…..8,7 pilih FK UI kedokteran dapetgak ya ?….. soalnya kawan kelas ada yg lbh tinggi 9,1 rata2nya raportnya.
    Kami dari SMAN 8

  118. Ka kesempatan lulus SNMPTN kalo silang minat itu gimana? Misal kita jurusan IPA, tapi pilih jurusan Sastra Inggris yang jelas-jelas untuk IPS. Apakah bisa lulus SNMPTN? Dijawab ya, Kak. Terimakasih :”)

  119. Kak mau tanya nih, aku kelas 3 IPA. Kira” bisa nggak kak kalo aku ngambil jurusan ekonomi akuntansi di UGM melalui jalur undangan. Soalnya aku kan dari jurusan ipa kak. Makasih kak sebelumnya ;)

  120. Kak kira” kalau mau ngambil jurusan fisika tapi yang passing grade nya rendah,maunya sih Universitasnya bagus.Kira” dimana ya kak ? jawabya kak :))

  121. info nya sangat bermanfaat :)

    kka aku mau tanya, kalau aku ikut SNMPTN undangan pilihan pertama aku ambil universitas brawijaya malang, dan kedua juga universitas brawijaya malang, boleh ngga ?

  122. kaka aku mau nanya nih, kebanyakan kk kelas aku tuh dterima jalur undangan jurusan pertanian, peternakan, perikanan nah apa emg itu peluang nya besar ?
    makasih :*

  123. weh weh artikelnya keren + buuagus buuangets (y) #jiaaah terlalu lebay nulisnya#
    bisa nambah wawasan nih kak.

    oh y mau tanya aku kn dri jember nih gimna kalo’ kita memilih jurusan FK di pilihan 1 dan FKG d plihan 2 d universitas jember kemudian pilihan 3 nya di BIDAN UB Malang. bisa ngk ? n secara greatnya universitasnya UneJember lebih tinggian Brawijaya Malang,
    atau yang di lihat itu urutan pilihan jurusanya aja y ?

    makasih kak tiaranr !!!!
    dan salam kenal dari bintang :)

  124. malam kak, sy ica dr SMA 1 cilegon. skolah sy bs dbilang skolah terfavorit d kota cilgn dn bnyk mncetak anak anak cerdas yg prnh mngikuti olym fisika dll dr tingkat kota sampai tingkat internasional.
    Sy ingin crita dl sblmny, jd sy mmiliki rencana akan mngambil faklts kdokteran hewan IPB, ahli gizi dan faklts Agronomi holikultura. Nah, bnyak yg blg ktanya pluang untuk bs masuk kdokteran hwan(atw yg msh srumpun dgn faklts kdokteran) ktanya dr banten sangat kecil dan kmungkinan besar tdk akan bs masuk lwt jalur itu. Trs katanya lg, bnyk yg blg blm ada sjarahny siswa dr bnten bs msuk fak,kdokteran lwt jalur undangan.
    Nah yg ingin sy tanyakan, apakah benar sperti itu? dan jika benar mengapa bisa sperti itu?
    smenjak bnyk yg blg sprti itu sy jd mrasa psimis dn agak hilang harapan utk bs msuk fak,kdokteran hwan lwt jalur undangan.
    trimksh kak utk sblmny,
    slamat malam.

  125. Ka, aku mau nanya dong. Kan skrg pilihan SNMPTN Itu 2 universitas 3 jurusan ya ka. Nah, trs guru aku blg lebih di utamain yg daerah asal kita ka. Trs daerah asal aku kan di bekasi ka. Nah, aku mau ngambil yg ugm sm unj ka. Menurut kaka aku harus ngutamain yg mana ka? Biar engga salah pilih nantinya?

  126. Kak mau nanya,..:)
    kk d Unsri jrusan apa kk??
    oh ya kk..kn saya ikut pbud fk UNRI,,,tp tman sya yg lain jg bnyak ikut pbud fk unri.
    dan d SNMPTN saya memilih Fk Unri ptn prtama kk, Ptn Kedua saya memilih FKG unsri dan ketiga farmasi unsri… menurut kk gmna kk??
    kira2 ada gk pluang utk d trima d ptn kdua kk..klau plihannya itu menurut passing grede nya yg mnrun kk??

  127. kak mau tanya, saya kan mau masuk jurusan farmasi di UGM, cuma, tahun kemarin ada kakak kelas saya yang diterima di D3 Kebidanan UGM cuma gak di ambil. saran kaka saya harus tetep di UGM atau gimana ? makasih, tolong kasih saran yah ka…

  128. Assalamualaikum kak tiara :)
    salam kenal ya kak.
    Thank before for your article. Kak mau tanya tanya nih. Thn ini aku kelas 3, SMA dibanten. SMAN 4 TangSel tepatnya. Besar harapan aku stlh liat postingan kaka, soalnya kaka mahasiswi unsri. aku mau banget masuk unsri kak. Tepatnya jurusan psikologi, niatnya snmptn ini ptn 1 nya unsri. Prodinya itu yg pertama psikologi, yang kedua msh bingung niatnya mau agribisnis tp jujur aku cuma interest ke psikologi, ptn ke 2 aku ngga ambil, ngga interest sm yg 1 provinsi. aku tau bgt kecil kemungkinan aku diterima, 1. Diluar pulau, aku mesti nyebraang.
    2. Di unsri, di fakultas atau jurusan apapun tuh bnr bnr ngga ada alumni sklh aku. Iyalah aku doang yang minaaat. Aku ambil unsri karena palembang emg kota kelahiran.

    Psikologi unsri itu prodi baru kan ya? Aku liat web snmptn. Gilaaaa. Baru buka aja peminatnya udah ribuaan. Terus akreditasinya juga msh bagus agribisnis drpd psikologi, prodi baru soalnya. Nah psikologi aku taruh di pertama, kalo aku ngga diterima, jelas agribisnisnya ngga keterima kan yaa? Huaaa ;( Hopeless kak jadinya. Maklum luar pulau. Ngga tau deh bakal dilirik atau engga sm panitia snmptnnya.
    Gimana menurut kaka buat pilihan aku ini?
    I know, Impossible to get your reply for this comment. Iyalah itu postingan 2011 atau 2012 sdgkan ini 2014. Seengganya aku nuangin ke sini, ada yg mau bales selain kak tiara hehe :D

  129. wah keren wordpressnya.
    kenal dulu, aku tisya dr man model jambi
    gini, kan aku pengen ambl SNMPTN UNSRI jurusan FMIPA MTK sama teknik diunsri.
    kira kira peluangnya gimana ya, kalau diliat dr nilai sih, nilai aku biasa aja, bahkan fluktuasi x_X
    dan masalah sertifikat, itu harus yang juara aja ya? kalau cuma peserta gimana? gak bisa ya??
    x_x

  130. kak, keren banget infonya! btw aku mau nanya nih. nilaiku itu ratarata 8 koma lah, nah aku maunya sih ekonomi syariah ui sama unbraw. itu bisa gak kak unbraw dijadiin pilihan kedua? makasih kak:)

  131. Tapi kenapa ya ? Sekolah kami hanya membperbolehkan kami memilih 3 jurusan di 2 universitas ?
    2 jurusan di PTN pertama sedangkan 1 jurusan di PTN kedua :(

  132. min itu kan tahun 2012 ? klau tahun saya nanti 2015 gmna ? ksih info min biar persiapan saya lbh matang lagi min
    mksih

  133. hai kak,salam kenal. . aku ferisma tinggal di riau. . kak,aku pengen kuliah ke luar sumatra (alias pulau jawa) aku dah rencanain ntar di pilihan pertama PTN di jawa dan yang kedua PTN di riau,yang aku takutkan ntar di pilihan pertama ngga lolos dan yang ke dua juga. . ( karna ktanya pilihan kedua pluangnya lbh kecil) denger2 persaingan masuk PTN di jawa itu KETAT Dan sulit. .gimana dong kak,bantu saya. .haruskah saya cantumkan di pilihan 1 dan 2 itu PTN di riau saja? atau gimana kak?? plisss -_-

  134. Saya anak IPA yang bakatnya bisa dibilang mencukupi di bidang bahasa inggris. Tapi prodi pendidikan bahasa inggris jalurnya anak IPS. Bisakah saya masuk prodi pendidikan bahasa inggris lewat snmptn di UNDIP ? Mohon balasannya. .

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s